Tim Redaksi 2023, Peran Dibalik Humanity

Tim Redaksi merupakan tim yang dibentuk untuk membuat majalah bernama “Humanity” dibawah naungan seksi Penerbitan dan Penerangan (BITPEN). Majalah Humanity dibuat setidaknya satu kali dalam satu periode kepengurusan. Pada tahun 2023 ini, Tim Redaksi dibentuk pada tanggal 17 Maret 2023 melalui pembacaan SK dengan tim yang terdiri dari 3 (tiga) divisi, yaitu Redaktur, Editor, dan Layouter yang memiliki tugasnya masing-masing dalam mengerjakan majalah Humanity. Divisi Redaktur bertanggungjawab atas pembuatan artikel yang akan dimuat dalam majalah, hal ini dilakukan melalui tahapan wawancara kepada narasumber maupun sesuai pengalaman anggota tim. Divisi Editor bertanggungjawab atas penyuntingan artikel sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca dan penyuntingan desain majalah yang menarik. Divisi Layouter bertanggungjawab atas pembuatan desain majalah yang disesuaikan dengan tema dan color palette yang telah disepakati bersama. Tim Redaksi 2023 berjumlah 12 orang yang terbagi atas 4 orang sebagai Redaktur, 3 orang sebagai Editor, dan 5 orang sebagai Layouter.

Setelah Tim Redaksi 2023 dibentuk, dilakukanlah First Gathering pada tanggal 17 Maret 2023. Di kegiatan ini, Tim Redaksi akan berkenalan dengan Seksi BITPEN dan memperkenalkan salah satu program kerjanya, yaitu Humanity. Sebelum memulai pengerjaan majalah, Tim Redaksi melakukan alih info pada tanggal 16 April 2023 dengan Tim Redaksi tahun-tahun sebelumnya. Pada kegiatan ini, Tim Redaksi 2023 akan berdiskusi mengenai jobdesc, pengalaman, dan kendala dari Tim Redaksi tahun-tahun sebelumnya. Dengan ini, diharapkan Tim Redaksi 2023 dapat lebih memahami tentang tanggungjawab masing-masing divisi. Selanjutnya, Tim Redaksi 2023 melakukan Pelatihan Jurnalistik pada tanggal 3 Juni 2023 bersama LPM Kavling10. Pada kegiatan ini, Tim Redaksi cukup antusias menyimak penjelasan pemateri dari LPM Kavling10. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan anggota Tim Redaksi dalam menyusun majalah Humanity kedepannya.

Dalam pengerjaan majalah Humanity, Tim Redaksi telah melakukan beberapa kali rapat tim dengan seksi BITPEN untuk membahas progress pengerjaan majalah secara bertahap. Hingga pada tanggal 6 Oktober 2023, majalah Humanity 2023 selesai disusun dan diterbitkan. Hasil kerja dari Tim Redaksi dapat dilihat pada laman majalah Humanity di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *