DIKLATSAR XLII KSR UB

HI DIKLAT TERATAI! Diklat Cakep Kebanggaan KSR UB

Korps Sukarela (KSR) Universitas Brawijaya merupakan organisasi yang berfokus pada bidang sosial kemanusiaan dengan berlandaskan pada prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. KSR telah berdiri sejak tahun 1980 dan terus mengembangkan sistem kaderisasi nya melalui kegiatan DIKLATSAR, singkatan dari “Pendidikan dan Latihan Dasar.” DIKLATSAR merupakan suatu ajang pembelajaran intensif yang bertujuan untuk membentuk karakter, melatih kepekaan sosial, dan membangun keterampilan kepemimpinan serta kepalangmerahan dari anggota KSR UB. DIKLATSAR pada tahun 2023 dilakukan melalui dua rangkaian kegiatan, yaitu diklat forum dan diklat lapang secara luring sepenuhnya. Kegiatan DIKLATSAR XLII telah dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 19 Februari 2023 melalui 3 rangkaian kegiatan yakni Pra-DIKLATSAR, Diklat Forum, dan Diklat Lapang.

DIKLATSAR XLII mengusung tema “Mengasah diri, Bergerak dengan Aksi, Mewujudkan Relawan Yang Berkompetensi“. Pemilihan tema tersebut mengandung makna dan harapan untuk anggota KSR ke-42 ini bisa menjadi relawan yang senantiasa mengasah diri, senantiasa bergerak dan melakukan aksi sosial kemanusiaan, serta mampu menjadi relawan yg berkompetensi.

Diklat 42 telah resmi dilantik menjadi anggota KSR UB pada tanggal 5 Maret 2023. Kesatuan dari 28 anggota baru ini disebut sebagai Diklat Teratai. Bunga teratai merupakan bunga air tawar yang memiliki akar panjang dengan batang kuat yang menempel di dasar danau. Bunga ini terlihat mudah hanyut terbawa arus, namun pada kenyataannya akar dan batang teratai pada dasar danau cukup kuat untuk menopang bunga teratai. Batang tersebut menjadi pondasi yang kuat bagi bunga sehingga struktur bunga tidak akan mudah hanyut atau patah. Filosofi bunga teratai sangat cocok bagi jiwa muda Diklat 42 yang masih berusaha mencari jati diri, namun pantang menyerah, kompak, dan selalu percaya diri dalam situasi apapun. Walaupun memiliki sifat serta latar belakang yang berbeda, Diklat 42 merupakan diklat yang aktif serta kompak. Pondasi kuat dari persatuan tersebut mengarahkan mereka untuk senantiasa berproses bersama dengan mengikuti berbagai macam kegiatan KSR seperti mengikuti penerjunan personil baik tim kesehatan maupun personil tensi. Selain itu, Diklat Teratai juga turut aktif sebagai anggota tim pengajaran, tim redaksi, kepanitiaan donor darah, volunteer KSR UB Berbagi dan aktif dalam mengikuti kegiatan delegasi seperti perlombaan. Upaya Diklat Teratai dalam mengokohkan persatuannya tidak hanya dilakukan dalam kegiatan DIKLATSAR XLII, namun kebersamaan tersebut selalu terlihat melalui banyaknya kegiatan bersama yang mereka bentuk. Walaupun sekedar berkumpul bersama, namun Diklat Teratai ini terlihat sangat kompak dengan slogan kebanggaannya yaitu DIKLAT 42 KUNCINYA APA? “KOMUNIKASI”!

Selamat Berprogres dan Bertumbuh Bersama Diklat Teratai Kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *