Selamat datang, Relawan Muda!

Yuk, Berpuasa Sehat!

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat muslim di dunia diwajibkan melakukan ibadah puasa. Selama lebih dari 12 jam, dari waktu Imsyak sampai Adzan Maghrib tiba, dituntut untuk menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa. Walaupun demikian, jika dilakukan sesuai aturan kesehatan dengan menu makanan yang sehat, banyak manfaat yang dirasakan bagi kesehatan tubuh.

rambupuasa
Sumber Gambar: http://obat-online.com/

Berikut beberapa manfaat berpuasa bagi kesehatan (klikdokter.com):

1.          Penurunan Kadar Kolestrol dalam Darah

Ketika berpuasa, tubuh tidak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi tubuh melainkan juga menggunakan lemak. Lemak tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan berpengaruh terhadap penurunan profil lipid tubuh.

2.          Penurunan Berat Badan yang Baik

Selain bermanfaat bagi kontrol tekanan darah dan kendali  kadar gula darah bagi penderita diabetes, seiring dengan terbakarnya lemak tubuh maka akan terjadi juga penurunan berat badan yang akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh.

3.          Proses Detoksifikasi

Karena lemak tubuh terpakai, maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

4.          Meningkatnya Rasa Nyaman dan Ketajaman Berpikir

Beberapa hari setelah berpuasa, hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan memberikan efek peningkatan ketajaman pikiran dan juga perasaan nyaman.

Bagi penderita gastritis tetap dapat menjalankan ibadah PUASA tanpa harus meningkatkan resiko komplikasi terhadap penyakit gastritis yang dideritanya. Berikut beberapa tips berpuasa sehat, khususnya bagi penderita gastritis (pilihdokter.com):

• Hindari tidur setelah sahur. Tidur sehabis makan akan menghasilkan asam lambung yang naik keatas (refluks asam).

• Menunda sahur tapi mempercepat waktu buka puasa, sesuai dengan sunnah Rasul.

• Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa karena akan memicu refluks asam dan gejala gastritis lainnya.

• Berbukalah secukupnya. Makan dengan porsi kecil tetapi sering.

• Berhenti makan 3-4 jam sebelum tidur. Oleh karena itu hindari konsumsi makanan kecil atau kudapan manis setelah sholat taraweh.

• Kurangi konsumsi makanan yang pedas, panas dan makanan yang mengandung asam sehingga mengurangi resiko iritasi saluran cerna.

• Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karena minuman ini bersifat diuretik yang akan menstimulasi tubuh mengeluarkan cairan melalui air kemih. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi. Hal yang sama juga terjadi pada minuman manis.

• Saat sahur dan berbuka, lengkapi menu dengan makanan yang kaya nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan lain sebagainya.

• Tetap cukupi kebutuhan cairan tubuh, yaitu 2,5 liter perhari.

• Siapkan obat-obat yang memang Anda butuhkan untuk mengatasi gejala gastritis yang Anda alami, misalnya saja antasida, proton pump inhibitor, H2 antagonis. Tetapi Anda memerlukan pengawasan dokter dalam mengkonsumsi obat ini.

• Hindari makanan yang berlemak dan buah-buahan yang mengandung asam (misalnya buah citrus seperti lemon, jeruk nipis, anggur dan jeruk) dan juga tomat (karena tomat merupakan buah yang mengandung banyak asam).

• Jangan merokok. Rokok dapat menimbulkan gejala gastritis dan maag.

Kurma_517600832
Sumber Gambar: http://news.manasik.info/

Jenis makanan yang dianjurkan:

o Konsumsi karbohidrat yang lambat cerna, sehingga makanan tersebut akan dicerna dalam waktu lebih lama, Anda akan lapar lebih lama sehingga Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari.

o Kurma, merupakan makanan yang sangat dianjurkan karena mengandung gula, serat, karbohidrat, potasium dan magnesium.

o Pisang merupakan buah yang mengandung karbohidrat, potasium dan magnesium.

o Pilihlah makanan yang di panggang dibanding makanan yang digoreng, terlebih jika makanan tersebut berlemak.

o Jangan lupa mengkonsumsi obat yang Anda butuhkan saat sahur atau berbuka.

Selamat berpuasa bagi seluruh umat muslim sedunia. Semoga dengan puasa kali ini akan semakin menambah semangat untuk berkarya. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas ataupun lemas. Semoga dimudahkan dalam segala hal kebaikan.

Sumber info:

http://klikdokter.com/ dan pilihdokter.com/id

 13 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *