Selamat datang, Relawan Muda!

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

Lebaran telah tiba, Hari raya yang telah dinanti sudah ada di hadapan kita. Biasanya setelah Anda menjalani Shalat Sunnah Idul Fitri, maka akan melanjutkannya dengan acara silaturahmi ke sanak saudara, tetangga dan kerabat. Pada musim lebaran seperti ini, biasanya begitu banyak hidangan yang tersedia yang begitu menggoda selera untuk memuaskan hasrat kuliner Anda. Namun sayangnya, Anda seringkali mengabaikan faktor kesehatan saat lebaran.

lebaran

Anda sebaiknya hati-hati ketika musim lebaran seperti ini, janganlah lebaran dijadikan  alasan untuk menyantap sembarangan makanan tanpa memperhatikan nutrisinya. Memang sulit rasanya menahan keinginan untuk mencicipi semua makanan yang dihidangkan, tetapi Anda juga harus menjaga diri karena mengingat pada efek kesehatan yang bisa ditimbulkan. Ketika puasa, perut kita lebih sering kosong karena memang tidak makan selama seharian. Apabila ketika lebaran nafsu makan kita tidak terkontrol, maka akan mengakibatkan masalah seperti gangguan perut. Apalagi untuk yang memiliki penyakit maag, perut Anda bisa saja kambuh karena tidak menjaga pola makan saat lebaran. Anda harus tetap menjaga kesehatan saat lebaran. Jangan sampai Anda malah terkapar atau bahkan harus dirawat di rumah sakit setelah lebaran usai.

Nah agar ketika lebaran dan sesudahnya kita juga tetap sehat, sebaiknya perhatikan hal berikut ketika menyantap hidangan saat lebaran:

  • Perhatikan Porsi Makan

Tidak peduli betapa lezatpun hidangan yang Anda santap, Anda harus tetap menjaga porsi makan yang Anda konsumsi. Usahakan agar tidak terlalu banyak atau berlebihan, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan perut Anda karena perut akan ‘kaget’ karena sebelumnya lebih sering kosong saat puasa.

  • Makanan dengan Gizi Seimbang

Konsumsilah makanan dengan gizi  seimbang. Pilihlah santapan makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks  seperti nasi atau ketupat, sedikit lemak dan protein contohnya opor dan gulai, serta sedikit gula, minyak, dan garam, serta kue-kue yang manis.

  • Hati-hati dengan Gula

Begitu banyak makanan manis saat lebaran. Tapi harus tetap ingat, gula dan krim dapat menaikkan kadar gula darah Anda

  • Selalu Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur sangat penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saat lebaran. Jika Anda banyak makan makanan berlemak, konsumsi buah dan sayur dapat meluruhkan lemak yang terdapat pada makanan. Selain itu, buah-buahan yang Anda konsumsi dapat membantu  menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

  • Cukup Minum Air Putih

Anda harus memperbanyak minum air putih saat lebaran, apalagi jika Anda banyak makan makanan berlemak dan bersantan. Selain itu, meminum air putih juga dapat mengurangi minum minuman manis ketika lebaran.

Selain dengan pola makan sehat saat lebaran seperti yang telah diuraikan di atas, Anda juga harus tetap menjalani olahraga. Pilihlah olahraga ringan yang bisa dilakoni setiap saat. Anda juga bisa untuk membiasakan jalan kaki ketika pagi hari karena jalan kaki dapat membuat tubuh sehat dan dapat memaksimalkan fungsi paru-paru dan jantung.

ksrub lebaran

 

 

Segenap keluarga besar KSR Universitas Brawijaya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H untuk seluruh umat muslim di dunia. Minal Aidin Wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

 

 

 

 

 

 

Sumber artikel: http://alamiilmiah.com/tps-menjaga-kesehatan-saat-lebaran/

 

 21 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *