Selamat datang, Relawan Muda!

Tes Kesehatan secara Sederhana

Tes kesehatan tidak harus dilakukan di laboratorium dengan peralatan yang serba rumit dan memakan biaya. Beberapa pemeriksaan bisa dilakukan tanpa alat khusus, bahkan
dengan cara yang sederhana dan unik. Misalnya melakukan kayang untuk mendeteksi masalah punggung. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri sebagai pengganti tes kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Kayang untuk Mendeteksi Masalah Punggung
    Diperkirakan 4 dari 5 orang pernah mengalami nyeri punggung minimal sekali dalam hidupnya. Penyebab terbanyak di kelompok usia 50-an tahun adalah masalah pada facet joint yang menghubungkan tiap ruas tulang belakang. ”Untuk mendeteksinya, berdiri tegak lalu. Lengkungkan punggung ke belakang sejauh dan serendah mungkin. Ini akan menyebabkan kondisi yang agak menyakitkan jika ada kontak antara tulang dengan tulang,” kata MushtaqueI shaquedari Royal Orthopaedic Hospital, Birmingham.
  • Makan Jagung Manis untuk Mendeteksi Flu Perut
    Pencernaan yang lambat bisa dipicu oleh berbagai kondisi seperti gastroenteritis atau disebut juga flu perut. Makan jagung manis bisa mendeteksi gangguan ini karena lapisan terluar jagung manis yang berwarna kuning tidak bias dicerna oleh perut. “Ukur saja waktu yang dibutuhkan sejak jagung itu dimakan hingga keluar bersama kotoran. Waktu transit selama 24-48 jam masih dianggap normal, tapi kalau 72 jam itu terlalu lambat,” kata Anton Emanuel dari
    University College Hospital, London.
  • Naik Tangga untuk Periksa Fungsi Paru
    Cara paling mudah untuk mengukur kapasitas paru-paru dalam memproses oksigen adalah dengan naik tangga selama 2 menit sambil ngobrol. Kalau ngos-ngosan sampai susah ngobrol, berarti ada masalah dengan paru misalnya ada Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK).

Sumber : detik.com

 7 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *