Selamat datang, Relawan Muda!

Menjalin Silaturahmi dan Meningkatkan Peran Organisasi

Mendekati bulan suci Ramadan, alangkah baiknya jika kita memperbanyak perbuatan baik dan bermanfaat. Untuk itu ajang silahturrahmi merupakan salah satu iktikad baik yang dapat mempererat hubungan silahturrahmi dengan sesama, khususnya anggota Korps Sukarela Universitas Brawijaya dengan Korps Sukarela perguruan tinggi lain.

Pada tanggal 11 Mei hingga 13 Mei 2018, KSR UB melaksanakan kegiatan Studi Banding dalam rangka menjalin silaturahmi dan menambah wawasan mengenai kepalangmerahan dan kampus tanggap bencana. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pengurus KSR UB periode 2018 sebagai program kerja baru Seksi LITBANG (Penelitian dan Pengembangan). M. Rifki Fauzi (Diklat 36) sebagai Koordinator Seksi LITBANG mengatakan, “Kegiatan ini merupakan program kerja baru dari KSR UB, dan dapat dikatakan sukses karena kita bisa mengunjungi 3 Universitas dalam satu rangkaian kegiatan. Bentuk kegiatan ini berupa forum diskusi dan sharing. Harapan dari diselenggarakannya kegiatan ini, KSR UB dapat mempererat tali silahturrahmi dengan KSR perguruan tinggi lain”.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 anggota KSR UB yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta dengan persyaratan telah membayar biaya pendaftaran. Studi Banding kali ini bertemakan “Menjalin Silaturahmi, Tingkatkan Peran Organisasi dalam Memberikan Pelayanan kepada Negeri“, para peserta Studi Banding mengunjungi 3 tempat utama di 2 kota besar Yogyakarta dan Semarang. UKESMA Universitas Gadjah Mada, KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta dan KSR PMI Unit Politeknik Negeri Semarang menjadi tujuan perjalanan teman-teman Studi Banding dalam berbagi wawasan dan menyambungkan silaturahmi.

Keberangkatan peserta dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 11 Mei 2018 pada pukul 23.00 WIB dengan menggunakan transportasi bus dari Gedung UKM Universitas Brawijaya. Setelah menyusuri perjalanan, teman-teman peserta Studi Banding tiba di Universitas Gadjah Mada pada pukul 09.00 WIB, hari Sabtu, tanggal 12 Mei 2018,

Studi Banding KSR UB 2018 - UKESMA Universitas Gadjah Mada
Kunjungan pertama Studi Banding yaitu UKESMA Universitas Gadjah Mada. Kegiatan diawali dengan sarapan dan mengikuti talk show Lebih Dekat Tanpa Sekat yang dilaksanakan oleh UKESMA UGM pada pukul 10.00 – 13.00 WIB dengan topik disabilitas. Kegiatan talk show bukan termasuk dalam rangkaian kegiatan Studi Banding tetapi merupakan ajakan dari teman-teman UKESMA UGM yang sedang menyelenggarakan. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yakni pemaparan Program Kerja dan perkenalan Pengurus dari UKESMA UGM dan KSR UB.

Studi Banding KSR UB 2018 - KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta
Perjalanan dilanjutkan menuju kunjungan kedua yakni KSR PMI Unit Universitas Negeri Yogyakarta. Peserta Studi Banding tiba pada pukul 16.30 dengan agenda yang dilakukan yaitu sharing mengenai Program Kerja dan Kepengurusan KSR PMI Unit UNY dan KSR UB. Setelah itu, teman-teman Studi Banding melanjutkan perjalanan ke kota Semarang hingga tiba di Politeknik Negeri Semarang esok harinya pada pukul 09.00 WIB, hari Minggu, tanggal 13 Mei 2018.

Studi Banding KSR UB 2018 - KSR PMI Unit POLINES
Pada kunjungan ketiga yaitu KSR PMI Unit Politeknik Negeri Semarang, agenda yang dilakukan yaitu saling sharing mengenai Program Kerja dan Kepengurusan KSR PMI Unit Polines dan KSR UB. Setelah melakukan kunjungan ketiga, teman-teman melanjutkan perjalanan dengan berkeliling kota Semarang.

Kegiatan Studi Banding terlaksana dengan asik dan semangat yang tidak pernah padam selama perjalanan. Seperti yang dikatakan Adinda Dwi H (Diklat 36); “Kegiatan Studi Banding ini sangat bermanfaat sebagai ajang silahturrahmi dan juga informasi terutama untuk anggota baru, sehingga anggota mempunyai pandangan untuk membuat kegiatan-kegiatan yang lebih inovatif lagi kedepannya”.

#KSRUBJAYA

 19 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *