Selamat datang, Relawan Muda!

Mengabdi di Desa Binaan

Sowan Desa merupakan salah satu Proker Utama KSR UB Periode 2019 di bawah Seksi Pengabdian Masyarakat atau (PENGMAS). Program Kerja ini adalah program pengabdian dan pembinaan desa. KSR UB memilih Desa Sumberjo Kecamatan Poncokusumo untuk mengadakan kegiatan tersebut. Kegiatan yang bertajuk bakti sosial ini saat ini dikemas dengan rangkaian acara yang berbeda diantaranya yaitu Live In atau tinggal bersama warga masyarakat untuk meningkatkan keakraban dan mengenal wilayah sekitar serta kegiatan Eksekusi yaitu puncak kegiatan.

Dokumentasi Sowan Deso 2019

Tahun ini ada tiga sektor utama yang menjadi perhatian khusus dari KSR UB yaitu sektor Pendidikan, sektor Ekonomi Kreatif dan Sektor Sosial Lingkungan. Dimana kegiatan-kegiatannya berorientasi langsung ke masyarakat yang berkaitan dengan tiga sektor tersebut. Kegiatan Live In dilaksanakan tanggal 20 – 25 September 2019 dan kegiatan Eksekusi dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019.

Dokumentasi Sowan Deso 2019

Setor Pendidikan mengadakan kegiatan pengajaran di sekolah-sekolah yaitu di TK dan Paud dengan kegiatan lomba mewarnai bagi anak-anak dan mempraktikkan cara cuci tangan yang benar, di SD mengadakan kegiatan pengajaran dan di SMP mengadakan kegiatan pengajaran PMR bagi para siswa. Selain itu juga ada sumbangan buku untuk perpustakaan sekolah dan pengecetan ulang tembok ekolah SMP dan menggambar di tembok sekolah TK. Di sore hari sektor pendidikan juga mengadakan kegiatan belajar mengaji bersama dan lomba baca surat pendek dan lomba adzan.

Dokumentasi Sowan Deso 2019

Sektor Ekonomi Kreatif berfoku pada kegiatan ekonomi masyarakat yaitu pelatihan pembuatan kripik sngkong dan pascapanen pada kopi hingga pada pengemasan dan pemasarannya. Sasaran kegiatan ekonomi kreatif yaitu ibu rumah tangga di sekitar. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas ibu-ibu di bidang ekonomi.

Sektor sosial lingkungan berorientasi pada sarana dan prasarana serta kebersihan lingkungan. Kegiatannya berupa kerja bakti bersama membersihkan lingkungan seperti selokan dan jalan, memperbaiki pos kampling serta pengecetan ulang fasilitas umum di sekitar lingkungan.

Dokumentasi Sowan Deso 2019

Terlaksananya kegiatan besar ini menjadi salah satu prestasi bagi KSR UB. Harapannya masyarakat sekita dapat terbantu dengan adanya kegiatan ini dan Desa menjadi desa binaan KSR UB yang maju secara berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *