Selamat datang, Relawan Muda!

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.  “Sumpah Pemuda” ialah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, antara tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Dalam Kongres tersebut, tersusunlah keputusan yang menegaskan akan adanya cita-cita Indonesia, yaitu “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Berikut adalah bunyi “Sumpah Pemuda” sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Selamat Hari Sumpah Pemuda bagi seluruh Pemuda-Pemudi Indonesia. Semoga nilai-nilai yang terkandung didalamnya senantiasa bisa kita aplikasikan. Sudahkah kita mencintai tanah air Indonesia? Sudahkah kita bangga menjadi bangsa Indonesia? Sudahkah kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar? Hanya kita yang mampu menjawabnya.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

 7 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *