Selamat datang, Relawan Muda!

[ SALAM RELAWAN MUDA BRAWIJAYA ]

Inilah dunia kita, dunia tanpa tepuk tangan, dunia tanpa penghargaan dan dunia tanpa pamrih.

“selamat hari bumi”

                                 Happy Earth Day           “Jaga BUMImu CINTAi ALAMmu “
“Selamat Hari Bumi kawan…”
   Semoga ini bukan sekedar ucapan dan perayaan yang selalu saja identik dengan kata hura-hura. yaah, miris sekali ketika melihat muda-mudi yang memperingati hari bumi dengan membagi-bagikan bunga-bunga di jalanan, bahkan tak sedikit yang mengadakan perayaan besar-besaran. Setelah selesai, sampah ada dimana-mana. Apa itu yang namanya peduli??...

         Hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 april ini, pada mulanya diperkasai oleh Gaylord Nelson. Perayaan yang digagas oleh senator asal amerika sejak tahun 1970 ini berawal ari peristiwa kerusakan yang terjadi di Santa Barbara, California pada tahun 1969. Saat itu, ada tumpahan minyak yang cukup besar di Santa Barabara yang menyebabkan kerusakan alam yang tak ringan.hari-bumi

             Fakta menarik lainnya meski telah dicetuskan tahun 1970, namun peringatan hari bumi secara global baru terselenggara pada awal tahun 1990an. Pada tahun itu, 200 juta orang lebih dari 141 negara di dunia melaksanakan aktivitas yang berhubungan dengan lingkungan untuk menyelamatkan bumi. Dan di tahun 2013, jumlah partisipan yang terlibat dalam penyelamatan lingkungan di hari bumi melonjak hingga 1 milyar orang di seluruh dunia.
Lalu sudahkah Anda berkontribusi untuk menjaga planet ini?

                Tidak perlu besar, tapi bermanfaat. Yah mulailah dari hal yang terkecil dan secara berkesinambungan. Artinya meskipun kecil daya yang kita berikan untuk melestarikan bumi, jika kita melakukannya dengan berkelanjutan maka hasilnya akan menjadi besar.

                            

 

 

        1. Buanglah sampah pada tempatnya.
Sampah, sampah dan sampah kembali lagi pada pengertian sampah. Sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena sudah tidak terpakai lagi. Ada beberapa golongan sampah.

a. Sampah organik limbah yang bersal dari sisa makhluk hidup (alam) seperti hewan, manusia, tumbuhan yang mengalami pembusukan atau pelapukan. Sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan karena dapat di urai oleh bakteri secara lami dan berlangsungnya cepat.

Contohnya : Daun, kayu, kulit telur, bangkai hewan, bangkai tumbuhan, kotoran hewan dan manusia, Sisa makanan, Sisa manusia. kardus, kertas dan lain-lain.

Sampah organik dari tumbuhan yang mati (daun, bunga, ranting ) bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

b. Sampah Anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa manusia yang sulit untuk di urai oleh bakteri, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama (hinga ratusan tahun) untuk dapat di uraikan. Biasanya berasal dari sampah industri.

Berikut ini daftar sampah dan lama penguraiannya :

1 Kertas, lama penguraian 6 bulan
2 Kulit buah, lama penguraian 6 bulan
3 Kardus/karton, terurai 5 bulan  3r
4 Filter rokok, terurai 10-12 tahun
 5 Kantong plastic, 10-12 tahun
 6 Benda-benda kulit, 25-40 tahun
7 Kain nilon, 30-40 tahun
8 Jaring ikan, 30-40 tahun
9 Alumunium, 80-100 tahun
10 Baterai bekas, 100 tahun
12 Plastik, 50-80 tahun
13 Batu baterai, 100 tahun
14 Botol kaca, perlu 1 juta tahun untuk hancur tanpa bekas
15 Botol plastic, tidak dapat diperkirakan waktu hancurnya.
16 Styrofoam, tidak dapat hancur

                    2. Hemat energi yang bersumber dari bumi. Bagaimana caranya??
1. Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca di plafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.

2. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes. Selain menghemat energi dan air bersih, ini akan menghemat banyak tagihan Anda.

3. Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80 % dari lampu pijar biasa.

4. Hindari posisi stand by pada elektronik Anda! Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (bukan dalam posisi stand by) maka kita akan mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan energi listrik. Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, segera cabut! Telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, kamera, dan lain-lain. Jika sudah penuh segera cabut. Go rechargeable, gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang.

5. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakannya berulang-ulang. Energi untuk membuat satu kaleng alumunium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.

6. Gunakan lebih lama. Jangan mudah berganti alat elektronik yang memiliki fungsi sama. Jika terpaksa dilakukan, donasikan barang Anda yang lama

7. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak. Jika Anda memiliki keluarga kecil, tidaklah perlu setiap hari mencuci. Kumpulkanlah sampai kapasitas mesin cuci Anda terpenuhi, hal ini akan menghemat air, mengurangi pemakaian listrik dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen Anda. Gunakan juga deterjen dan pembersih ramah lingkungan. Saat ini mungkin harganya memang lebih mahal. Tetapi bila Anda mampu, lakukanlah demi masa depan anak cucu kita.

8. Ganti bahan bakar Anda! Gunakan bahan bakar alami atau yang dapat diperbaharui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax). Luar biasa jika bisa Anda bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.

9. Bawa tas yang bisa dipakai ulang. Bawalah sendiri tas belanja Anda, dengan demikian Anda mengurangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan besar di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggannya untuk menggunakan sistem seperti ini.
Jadi sambutlah itikad baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.

10. Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda. Hal ini akan mengurangi produksi mainan-mainan yang hanya akan terus menghabiskan sumber daya bumi kita.

11. Jika kita sering makan siang diluar kantor dengan bungkusan dan rutin, lebih baik jika Anda membeli kotak makan atau tempat minum yang kuat dan bisa dipakai berulang kali. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (Berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).

12. Gunakan kertas lebih sedikit. Gunakan e-mail internal Anda dan software perkantoran untuk membuat laporan internal. Cetaklah laporan/presentasi hanya jika diperlukan untuk melakukan kesepakatan dengan pihak luar.

13.Tanam pohon setiap ada kesempatan. Baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dan lain-lain. Tergantung kesempatan dan kemampuan Anda sendiri.
Soo Sekarang Tinggal Kesadaraan Dari Kita semua untuk menjaga bumi kita tercinta dari global warming dan marahnya Alam.


Jaga BUMImu CINTAi ALAMmu

 

sumber : https://msholihulh.files.wordpress.com/2009/09/garbage-1.jpg
             :  http://mazmuiz.blogspot.com/2015/01/sampah-organik-dan-anorganik.html
             : http://yupazq.blogspot.com/2010/11/benua-sampah-terbesar-di-dunia.html
             : http://www.kaskus.co.id/thread/50a9bf0a5a2acffd4e000070/13-cara
              -menjaga-bumi-kita-dan-menyelamatkan-indonesia-tercinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *