Selamat datang, Relawan Muda!

Sekilas Tentang Donor Darah

Foto Donor Darah
Foto Donor Darah

Kegiatan Donor Darah adalah menyumbangkan darah untuk tujuan transfusi darah. Transfusi darah itu sendiri merupakan proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat dan memenuhi persyaratan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan donor darah. Calon pendonor harus memenuhi persyaratan untuk menjadi pendonor.

Syarat Pendonor:

1. Usia 17-60 tahun

2. Berat badan minimal 50 kg

3. Tekanan darah baik (Sistole = 110-160 mm Hg dan Diastole= 70-100 mmHg

4. Denyut nadi teratur (50-100x/ menit)

5. Hb normal 12.5-17 gr %.

Ada banyak manfaat yang kita dapat setelah melakukan donor darah. Pengambilan satu kantong darah dari dalam tubuh dapat membantu membakar kalori tubuh dan menurunkan berat badan. Karena darah diambil cukup banyak, maka tubuh akan melakukan proses pengembalian darah yang hilang tadi dan membantu melancarkan sirkulasi darah serta meningkatkan sel darah merah. Dalam pelaksanaan donor darah, darah kita akan diperiksa sehingga dapat diketahui penyakit-penyakit berbahaya di dalam tubuh. Selain manfaat kesehatan, donor darah juga dapat memberikan kepuasan batin bagi para pelakunya karena donor darah dapat dijadikan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Ayo Donor Darah bersama KSR Universitas Brawijaya, Rabu (24/09/2014) pukul 08.00-12.00 WIB di Gazebo UB.

Donorkan darahmu, selamatkan mereka yang membutuhkan!

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *