Selamat datang, Relawan Muda!

Peringatan Hari Kesehatan Dunia

Sekarang sudah tanggal 6 April. Sebentar lagi tanggal 7 April. Ada apa dengan tanggal 7 April? Perlu diketahui bahwa setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia. Hal itu sudah dilakukan sejak 64 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1950. Peringatan Hari Kesehatan Dunia ditetapkan sesuai tanggal berdirinya World Health Organization (WHO) yang merupakan organisasi internasional dibawah naungan PBB dan dipandang sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia dalam menyadari masalah-masalah kesehatan global. (sumber: Wikipedia.com)

Kesehatan, tidak dapat dipungkiri menjadi hal yang sangat berharga dalam kehidupan. Salah satu metode dalam menjaga kesehatan adalah dengan mengatur pola hidup, misalnya dengan menjaga pola makan dan dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Kenapa demikian? Banyak manfaat yang terkandung dalam buah-buahan. Buah merupakan sumber vitamin dan sumber serat alami serta sumber antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ada beberapa buah yang sering dijumpai di masyarakat dan menyehatkan, antara lain:

buahbuah 

 

 

 

 

 

 

Apel

Apel adalah buah kaya serat. Pada bagian kulitnya baik apel warna merah maupun hijau memiliki kandungan quercetin, yang membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan alergi. Sebuah studi dari St George Hospital Medical School di London menemukan bahwa orang yang makan lima atau lebih buah apel memiliki fungsi paru-paru lebih baik.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik. Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan Beta karoten dan Likopen yang penting untuk kesehatan jantung.

Buah Ceri

Ceri kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, trigliserida rendah, dan mengurangi kolesterol. Dalam penelitian terbaru di University of Michigan, ditemukan bahwa ceri dapat menurunkan peradangan pembuluh darah sampai 50%. Ceri juga baik untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol.

Jeruk

Baik jeruk adalah buah sarat vitamin C. Vitamin C ini dapat memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat paparan sinar matahari, mengatur kelenjar minyak, bahkan mencegah bintik-bintik tanda penuaan.

 

buah2

 

 

 

 

 

Pisang

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Pisang adalah salah satu sumber karbohidrat sehat yang membantu meningkatkan metabolisme.

 Anggur

Anggur masuk sebagai buah super karena kaya kandungan antioksidan yang disebut resveratrol. Kandungan ini akan membuat jantung lebih sehat. Para peneliti menemukan bahwa senyawa dalam ekstrak biji anggur akan melambatkan penyakit Alzheimer, mengalahkan sel-sel kanker di kepala dan leher.

Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang penuh vitamin C. Selain itu, buah ini juga sumber vitamin A dan E, dua antioksidan kuat untuk melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

Stroberi

Buah ini kaya akan vitamin C, sumber asam folat yang dapat membantu melindungi jantung. Buah ini juga dapat memutihkan gigi secara alami.

 

Buah-Buah Sehat

 

 

 

 

 

 

Nanas

Buah nanas banyak mengandung vitamin B dan C. Buah ini dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Selain itu, nanas juga dapat membantu dalam penyembuhan luka dan infeksi pada saluran pencernaan.

Semangka

Semangka adalah salah satu buah dengan sumber vitamin A dan C. Buah ini memiliki likopen dua kali lebih banyak dibandingkan tomat.

Tomat

Tomat masuk ke dalam buah super, meskipun banyak orang masih menganggapnya sebagai sayur. Tomat memiliki kandungan antioksidan disebut likopen yang sangat jarang ditemukan pada buah super lainnya. Buah ini memiliki vitamin C tinggi, kalium, dan serat, serta kalorinya rendah.

 

Sumber: Harian Kompas (Kompas.com/Health)


 21 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *