Selamat datang, Relawan Muda!

BAKTI SOSIAL PEDULI DESA 2012

 

Baksos peduli desa 2012

Tidak terasa sudah saatnya Bakti Sosial Peduli Desa kembali lagi pada tahun 2012 ini. Persiapan telah diadakan sejak bulan Juni, dan panitia mulai sibuk mempersiapkan semua kebutuhan kegiatan ini. Mulai dari survey lokasi desa hingga persiapan akhir menjelang acara. Panitia banyak mengalami kendala dalam memilih desa, namun akhirnya terpilihlah Dusun Precet, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir yang sesuai untuk Baksos kali ini.

Bakti Sosial Peduli Desa tepatnya dilaksanakan tanggal 12-15 juli 2012. Kegiatannya dimulai dengan pengajaran softskill kepada siswa siswi SDN Sumbersuko IV. Selama dua hari kegiatan diisi dengan Senam sehat, Pelatihan baris berbaris, Perawatan keluarga, Praktek menggosok gigi yang benar, Pengetahuan dan simulasi bencana, Penanaman toga, Outbound, serta tidak lupa pembagian buku untuk perpustakaan sekolah dan alat tulis untuk seluruh siswa siswi. Kedatangan Korps sukarela disambut antusiasme seluruh guru dan murid, banyak yang berharap jika kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali dilain waktu. Kamipun berharap begitu.

Pada hari ketiga, beralih pada kegiatan warga dusun secara keseluruhan. Dengan pemberian penyuluhan pertanian, disampaikan oleh Bapak Gamal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) tentang penyelesaian permasalahan dalam pertanian seperti hama, kondisi tanah, praktek pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi, serta penyakit-penyakit tanaman yang sesuai dengan kondisi desa tersebut.  Jam 13.00, berganti dengan pemberian pelatihan kewirausahaan khusus diberikan untuk ibu-ibu dengan tema Daur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan berupa tas, kotak pensil, tempat handphone, dan sebagainya. Tujuan kegiatan ini agar meningkatkan perekonomian di dusun tersebut. Pemateri kewirausahaan ini adalah Bapak Muhammad Yunus yang sukses dalam bidang ini, berhasil mengekspor produknya hingga ke Jepang, Singapura, dan Australia. Pada malam harinya, walaupun kondisi cuaca yang kurang mendukung dengan kabut tebal yang menyelimuti tidak menyurutkan niat masyarakat untuk hadir pada Pengajian umum. KH Masykuri memberikan ceramah terkait tentang Pentingnya pendidikan untuk anak-anak, disesuaikan dengan keadaan masyarakat karena jumlah siswa-siswi yang sangat minim didesa itu.

Keesokan hari kemudian, menjadi acara puncak untuk Bakti sosial Peduli Desa ini. Dilaksanakannya Pengobatan gratis, Khitanan Massal, dan Penjualan Sembako murah untuk warga desa. Demi kelancaran acara, pemberian kupon pengobatan gratis dan pembelian sembako sudah disebarkan satu minggu sebelumnya. Sembako yang disediakan sebanyak 75 paket pun terjual habis. Pengobatan gratis diikuti oleh 85 warga dari berbagai tingkatan umur dan bekerja sama dengan puskesmas kecamatan wagir. Para tim dokter dan perawat yang datang merasa salut dengan kegiatan ini, karena jumlah peserta tidak seperti yg mereka bayangkan sebelumnya. Untuk khitanan massal, peserta berjumlah 6 anak. Dibantu Tim dokter dari Batalyon Kesehatan Malang (YonKes). Seluruh kegiatan diakhiri pada pukul 12.00 WIB,  terlihat senyuman kebahagiaan diantara panitia dan masyarakat. Semoga dengan apa yang sudah Korps Sukarela berikan bisa masyarakat ambil manfaatnya. Walaupun acara berakhir, tali silaturahim antara panitia dan masyarakat tidak terputus. Amin.

B-30111985-IA

 15 total views,  1 views today

3 Comments

  1. elwing | | Balas

    😀 kereen… saya juga pingin masuk KSR UB nanti

  2. Abidin | | Balas

    Keren Sahabat relawan UB.. Saya selaku pembantu kegiatan tersebut dari Karang taruna Tunas Muda, mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi kalian dalam peduli desa… Semoga apa yang telah kalian berikan kepada masyarakat di desa Precet bisa bermanfaat..

    salam buat semuanya. teman teman KSR UB.

  3. Sandi Cahyadi | | Balas

    Kegiatannya sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, sukses selalu. kami juga ada program Bersih Desa pada 15 November 2012 bertepatan dengan 1 Muharram. Jika tim Korps Sukarela dapat bergabung dengan kegiatan yang diadakan di desa kami sungguh sangatlah menambah kebahagiaan bagi kami. Rencana acara adalah tasyakuran, kirab, santunan anak yatim dan khitanan masal. semoga ada kerjasama yang nantinya terjalin. terima kasih. SANDI CAHYADI (Kaur Umum) Desa Bakalan. 081233341493.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *