Selamat datang, Relawan Muda!

Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis

pelatihan jurnalistik dan desain grafis copy

Pelatihan jurnalistik dan desain grafis yang diadakan oleh KSR Brawijaya mendapatkan apresiasi cukup baik dari para audience. Acara ini berlangsung pada tanggal 22 Maret lalu yang bertempat di Ruang Kuliah Bersama II, Universitas Brawijaya dengan dihadiri Sebanyak 39 anggota KSR  Brawijaya. Pelatihan ini merupakan yang pertama kalinya digelar selama kepengurusan KSR Brawijaya tahun 2014.

 

CIMG1656

Acara yang dibuka pada pukul 09.00 WIB tersebut berlangsung  sampai pukul 12.00 WIB dan terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu pemberian materi Latihan Menulis yang disampaikan langsung oleh Bapak Kholid A. dari Radar Malang. Sebelum memberikan materi, Bapak Kholid memberikan test terlebih dahulu guna mengetahui sampai dimana kemampuan menulis para peserta. Cara itu terbukti efektif dalam penyampaian materi karena para peserta akan mengerti bagaimana evaluasi dari tulisannya dan diharapkan dapat diperbaiki untuk penulisan selanjutnya. Materi yang disampaikan Bapak Kholid terbagi menjadi tiga topik pembahasan, yaitu menulis berita, berita kisah (Feature), dan menulis artikel.

 

CIMG1676CIMG1747

 

Pemberian materi untuk sesi kedua terkait dengan Desain Grafis disampaikan oleh Yan Mulyana dari UAPKM (Unit Aktivitas Pers Kampus Mahasiswa). Para peserta diperkenalkan bagaimana membuat layout yang dapat diterapkan pada pembuatan majalah atau cover. Para peserta diajak berdiskusi bagaimana menentukan proporsi pembuatan desain yang sesuai, dari warna gambar, ukuran gambar, sampai ukuran huruf-hurufnya.

Pemberian doorprize dilakukan setelah acara selesai. Doorprize pertama diberikan kepada peserta yang telah memenangkan permainan pada sesi pergantian pemateri. Untuk yang kedua dan ketiga diberikan kepada peserta yang berani memberikan pesan kesan terhadap acara yang telah berlangsung.

CIMG1762

 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, khususnya kepada para peserta. Semoga materi yang disampaikan dapat diterima dan diaplikasikan, karena orientasi dari kegiatan ini adalah untuk pembentukan Tim Redaksional dalam pembuatan Egality dan Humanity KSR Brawijaya. Tetap semangat buat semuanya.

 

Sumber: Penerbitan dan Penerangan (Bitpen) KSR Brawijaya.

 

 

 7 total views,  1 views today

2 Comments

  1. sayfudin | | Balas

    untuk umum kah moga sampai di kampus surabaya ammin ? ditungu agenda selanjutnya 😀

    • bitpen | | Balas

      Untuk anggota KSR UB kak.
      Amin, terima kasih atas supportnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *