Selamat datang, Relawan Muda!

OLAHRAGA: Sehat Jiwaku

Banyak orang tentunya sudah mengetahui bahwa olahraga dapat membantu menjaga kesehatan dan berat badan seseorang. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa olahraga ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan dan fungsi otak, antara lain:

  • Membantu Mengatasi Gejala Depresi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga sangat efektif untuk mengatasi gejala depresi dan mengurangi rasa sedih.

  •  Meningkatkan Daya Ingat

Peningkatan denyut jantung setelah berolahraga dapat membantu meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan fungsi otak secara keseluruhan. Pada sebuah penelitian, para peneliti memeriksa bagaimana keadaan otak sebelum dan setelah berolahraga. Para peneliti menemukan adanya peningkatan volume otak pada beberapa area otak setelah para peserta penelitian berolahraga. Hasilnya adalah para peserta penelitian dapat melakukan tugas yang membutuhkan daya ingat dan konsentrasi dengan lebih baik (hingga 10-15%) setelah mereka berolahraga.

  •  Membantu Mengurangi Stress

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa berolahraga, walaupun dengan terpaksa, dapat membantu melindungi seseorang dari rasa cemas dan stress.

  • Meningkatkan Daya Konsentrasi

Setelah melakukan evaluasi pada lebih dari 100 buah penelitian mengenai olahraga, para peneliti di Amerika menemukan bahwa olahraga angkat beban dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi seseorang.

  • Meningkatkan Ketekunan

Pada penelitian yang sama dengan di atas, para peneliti juga menemukan bahwa melakukan olahraga kardio yang membutuhkan waktu yang lama dan konsistensi, dapat membuat seseorang menjadi lebih mampu menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan kepadanya.

olahraga-lariberbagi-wawasan-unik-eoirskmt

 Sumber: http://www.pilihdokter.com/

 14 total views,  1 views today

1 Comment

  1. Muammar H | | Balas

    Olahraga memang sangat penting bagi manusia, karena dengan berolahraga kita telah berusaha untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Bagaimana tidak, seperti yang dijelaskan di atas sangat banyak manfaat olahraga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Ayo tetap rutin berolahraga untuk tubuh yang sehat.

    Salam Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *