Selamat datang, Relawan Muda!

Merawat Gigi, Merawat Kesehatan Diri

Banyak orang sudah mengetahui beberapa jenis makanan tertentu yang dapat merusak kesehatan gigi seperti permen, minuman bersoda, dan berbagai jenis minuman energi yang seringkali dikonsumsi serta berbagai jenis makanan lain yang banyak mengandung gula yang dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

Gula merupakan karbohidrat yang lengket yang membuat bakteri di dalam mulu menempel di atasnya dan menghasilkan suatu cairan asam yang dapat mengikis berbagai mineral pada gigi Anda dan merusak lapisan email gigi Anda.

Enamel-Gigi

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata terdapat berbagai jenis makanan lainnya yang juga dapat merusak gigi dengan tidak terduga? Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan gigi.

  • Buah Golongan Sitrus

Vitamin C yang terdapat di dalam berbagai jenis jeruk merupakan komponen penting untuk menjaga kolagen pada gusi, akan tetapi mengkonsumsinya secara berlebihan ternyata juga dapat berbahaya bagi kesehatan gigi dan gusi. Jika gigi Anda sering berkontak dengan buah golongan sitrusdengan mengkonsumsi beberapa buah jeruk setiap harinya atau mengkonsumsi banyak air putih dengan lemon di dalamnya; maka hal ini dapat membuat lapisan email gigi menjadi lebih lunak. Lapisan email tidak dapat tumbuh kembali setelah rusak, terutama bila sering mengkonsumsi lemon dan jeruk nipis. Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2011 menemukan bahwa jus anggur mampu merusak gigi hampir sama dengan minuman bersoda. Untuk mengatasi hal ini, minumlah segelas air putih setelah Anda mengkonsumsi jeruk atau minuman bersoda. Lalu 20 menit kemudian jangan lupa untuk menyikat gigi Anda. Akan tetapi, pastikan Anda tidak langsung menyikat gigi Anda setelah mengkonsumsi buah golongan sitrus karena hal ini justru dapat merusak lapisan email gigi yang sedang melunak.

  • ¬†Kacang Almond

Karena kacang almond cukup keras, maka kadangkala mengkonsumsi terlalu banyak kacang almond dapat membuat gigi Anda patah atau retak. Untuk mengatasi hal ini, konsumsilah kacang almond yang telah dipotong-potong dalam bentuk kecil sehingga gigi lebih mudah mnegunyah dan mencernanya.

  • Acar

Acar merupakan makanan yang mengandung sangat banyak asam karena banyaknya cuka yang digunakan untuk membuatnya. Hal ini dapat membuat mineral pada lapisan email gigi Anda terurai. Selain itu, acar juga seringkali mengandung banyak gula, yang juga merupakan salah satu penyebab terjadinya gigi berlubang. Untuk mengatasi hal ini, konsumsilah keju setelah Anda mengkonsumsi acar. Hal ini dikarenakan keju tidak bersifat asam dan mengandung banyak kalsium. Keju dapat membantu menetralisir asam di dalam mulut Anda. Atau Anda dapat mengkonsumsi permen karet bebas gula yang mengandung xylitol yang juga dapat membantu menetralisir asam sambil meningkatkan jumlah air liur untuk membersihkan mulut Anda.

  • Buah Kering

Karena kandungan air di dalam buah kering seperti kismis telah diserap seluruhnya, maka buah kering ini mengandung gula dalam jumlah yang sangat tinggi dan cenderung melekat pada gigi Anda. Hal ini dapat menyebabkan bakteri terperangkap di dalamnya dalam waktu yang cukup lama untuk menghasilkan cairan asam penyebab terjadinya gigi berlubang. Untuk mengatasi hal ini, jangan lupa untuk mengkonsumsi segelas air putih setelah mengkonsumsi buah kering dan sikatlah gigi Anda 20 menit kemudian.

  • Kopi

Memang benar kopi mengandung banyak antioksidan, akan tetapi juga dapat menodai gigi Anda. Noda ini dapat memicu terbentuknya plak pada gigi yang dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Untuk mencegah gigi Anda menjadi berwarna kecoklatan, maka gunakanlah sedotan untuk meminimalisir kontak antara kopi dan gigi Anda. Selain itu, hindarilah menambahkan gula dan pilihlah susu sebagai penggantinya karena susu juga dapat membantu menetralisir asam.

  • Selai Kacang

Selain mengandung banyak protein, selai kacang juga sangat lengket sehingga dapat melekat cukup lama pada gigi yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gigi berlubang.Oleh karena itu, pilihlah selai kacang yang tidak mengandung gula tambahan yang membuatnya semakin lengket.

Maka berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan. Sesuaikan proporsi makanan dengan kebutuhan tubuh anda maisng-masing.

Sumber: http://www.pilihdokter.com/id/berita/6-makanan-perusak-kesehatan-gigi-dan-gusi-anda#sthash.A9qUqaay.dpuf

 8 total views,  1 views today

1 Comment

  1. kinisehat | | Balas

    Dilematis memang. Di balik manfaatnya untuk kesehatan, ada risiko merusak gigi. Tapi kopi jika diminum pakai sedotan, terasa aneh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *