Selamat datang, Relawan Muda!

Mengenal Hepatitis, Jangan Sampai Tidak Tahu !


APA ITU HEPATITIS ??
Menurut WHO, hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Hepatitis yang tidak ditangani dengan cepat dan baik, akan berkembang Banyak hal yang bisa menyebabkan hepatitis, yaitu virus, perilaku seksual, dan mengonsumsi alkohol serta obat-obatan. Hal yang disebut-sebut sebagai penyebab utama dari hepatitis adalah pecandu narkoba atau alkohol dan melakukan hubungan seks yang tidak sehat. Mereka memang merupakan kelompok yang berisiko tinggi untuk terkena hepatitis, namun sebenarnya, semua orang dapat mengalami hepatitis.
Terdapat 5 virus, yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Ke-5 macam ini harus sangat diperhatikan karena dapat menyebabkan penularan ke orang lain, bahkan kematian.

APA SAJA JENIS HEPATITIS ?

1. Hepatitis A

Virus menyebar melalui fekal-oral, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati akut. Penyebaran virus hepatitis A terjadi akibat kontaminasi makanan dan air yang kemudian makanan atau air tersebut dikonsumsi oleh orang yang sehat. Penularan dapat terjadi pada orang yang sudah mendapatkan vaksin maupun pada orang yang belum mendapatkan
Bagaimana Pencegahannya ?
Hindari pemakaian barang-barang bersama, seperti sikat gigi atau pencukur kumis dan sebagainya.

2. Hepatitis B

Virus hepatitis B (HBV) menyebar seperti virus HIV, yaitu melalui hubungan seksual, kontak dengan cairan tubuh, seperti air liur. Oleh karena itu, HBV menular 50 hingga 100 kali lebih mudah dibandingkan dengan HIV. Melakukan hubungan seksual adalah hal yang paling mudah untuk menularkan virus ini. Namun, virus ini tidak menular karena pelukan, berpegangan tangan, dan kecupan.
Beberapa penelitian menyatakan bahwa HBV ditemukan juga pada air liur, sehingga ciuman atau bergantian menggunakan sikat gigi yang sama dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit hepatitis B, Selain itu, HBV juga dapat ditularkan dengan adanya kontak dengan darah ke darah, hal ini dapat terjadi pada suatu tindakan medis, seperti transfusi darah, peralatan operasi yang terkena darah si penderita HBV kemudian dipakai ke orang yang sehat. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) HBV tidak dapat disembuhkan
Bagaimaa Pencegahannya ?
Penderita yang mengalami penyakit hepatitis B harus melakukan pengobatan seumur hidupnya.

3. Hepatitis C

Di dunia terdapat 130 hingga 150 juta jiwa yang mengalami hepatitis C dan 700 ribu jiwa meninggal karena penyakit ini. Sama dengan hepatitis B, penyakit ini juga disebabkan oleh virus yang menyebar dari kontak cairan tubuh dan melakukan hubungan seksual. Penyakit ini dapat menyebabkan luka pada hati dan kemudian meningkatkan risiko kanker hati. Setidaknya sebanyak 25% orang yang positif memiliki virus HIV, mengalami hepatitis C juga.
BAGAIMANA PENCEGAHANNYA ?
– Membersihkan dan menutupi luka dengan plester tahan air.
– Jangan menjadi pendonor darah.
– Senantiasa membersihkan ceceran darah dengan obat pembersih rumah tangga.
– Jangan berbagi jarum suntik serta barang-barang pribadi.

SUMBER : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/berbagai-jenis-penyakit-hepatitis/

 16 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *