Selamat datang, Relawan Muda!

[ SALAM RELAWAN MUDA BRAWIJAYA ]

Inilah dunia kita, dunia tanpa tepuk tangan, dunia tanpa penghargaan dan dunia tanpa pamrih.

TELAH DIBUKA !
Pendaftaran Anggota Baru DIKLAT XXXVIII 2019

Suka Makan Buah Durian? Yuk Simak Manfaatnya !

Durian – Kandungan Gizi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Buah dengan daging lembut dan kulit berduri ini juga memiliki banyak mitos tentang kesehatan. Di antaranya, durian dianggap dapat meningkatkan kolesterol, berbahaya jika dikonsumsi bersama kopi, dll. Namun begitu, mungkin belum banyak orang tahu, durian justru kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Durian kaya akan vitamin C, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin, dan B6.

Seperti buah-buahan lain, durian memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat nutrisi yang terkandung dalam buahnya. Antara lain :

  1. Sumber energi
    Sekitar 100 gram daging buah durian mengandung 147 kalori yang termasuk tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Gula alami durian seperti fruktosa dan sukrosa mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dengan cepat. Buah ini juga kaya potasium sehingga mampu membantu mengurangi rasa lelah.
  2. Melancarkan pencernaan
    Durian kaya serat pangan yang dapat melindungi membran mukosa usus dari paparan racun dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan juga bermanfaat untuk merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung sehingga dapt melancarkan pencernaan.
  3. Mengontrol tekanan darah
    Durian menganddng potasium dalam jumlah tinggi dan sodium dalam jumlah sedang. Potasium bertanggungjawab atas gerakan otot di seluruh tubuh termasuk jantung. Potasium mengatur detak jantung dan memastikan kelancaran aliran darah ke sistem lain. Potasium juga diperlukan untuk mengontrol kadar sodium dalam darah.
    Sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan mencukupi kebutuhan potasium, tekanan pada pembuluh darah berkurang sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis dapat diturunkan.
  4. Menyehatkan sistem kardiovaskular
    Anda mungkin sering mendengar anggapan bahwa durian mengandung banyak kolesterol. Padahal sebenarnya, durian tidak mengandung kolesterol sama sekali. Durian justru mengandung lemak mono tak jenuh yang sehat bagi jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
  5. Mengatasi insomnia
    Durian mengandung triptofan, senyawa asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk secara alami. Triptofan yang memasuki otak diubah menjadi serotonin oleh tubuh serta menimbulkan rasa relaks dan bahagia. Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke aliran darah dan membuat tubuh merasa mengantuk. Banyak penelitian menemukan bahwa triptofan efektif dalam mengatasi stres, depresi, dan masalah kecemasan, serta insomnia.
  6. Mencegah kanker
    Durian kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Anti oksidan ini penting untuk mengurangi tekanan oksidatif yang dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker.
  7. Menghangatkan tubuh
    Dalam ilmu herbal India, durian diyakini memiliki efek hipertermik dan termasuk makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Belum diketahui senyawa apa yang memicunya.

Wah, ternyata buah durian mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita ya. Yuk, mengkonsumsi buah!
Akhir postingan ini kami ucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

sumber artikel : www.webkesehatan.com

 

1 Comment

  1. Cara memilih durian | | Balas

    Iya mas,, banyak sekali manfaat dari durian ini.. Kebetulan sekarang juga lagi musim.. Murah meriah ditempat ku..

    Sayang kalau beli 3 yang 1 pasti jelek.. ga seenak kata si penjual.. Sudah mengenali ciri ciri durian montong yang bagus dan manis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *