Selamat datang, Relawan Muda!

[ SALAM RELAWAN MUDA BRAWIJAYA ]

Inilah dunia kita, dunia tanpa tepuk tangan, dunia tanpa penghargaan dan dunia tanpa pamrih.

TELAH DIBUKA !
Pendaftaran Anggota Baru DIKLAT XXXVIII 2019

Kegiatan Donor Darah Bersama LAKESMA FK UB

Kegiatan Donor Darah kembali dilaksanakan oleh Seksi Pengabdian Kepada Masyarakat – KSR UB pada hari Rabu, 9 Mei 2018. Kali ini kegiatan Donor Darah yang biasa disebut DORA dilaksanakan bersama dengan LAKESMA FK UB atau Lembaga Kesehatan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 12.00 WIB hingga 15.00 WIB di Gedung Amphy Theatre FK UB (seberang Gedung Fakultas Kedokteran).

Kegiatan dilaksanakan dengan persiapan pihak Palang Merah Indonesia satu jam sebelum dilaksanakannya Donor Darah. Persiapan yang perlu dilakukan cukup detail seperti pengaturan ruangan, jalur pergerakan pendonor, pencahayaan, dan sirkulasi udara. Setelah persiapan selesai maka peserta bisa melaksanakan beberapa hal sebelum menjadi pendonor.

A - Kolaborasi Nyata dalam Kegiatan Donor Darah Bersama LAKESMA FK UB

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri menjadi calon pendonor di meja registrasi. Setelah itu calon pendonor akan melakukan pemeriksaan berat badan. Berat badan yang diizinkan untuk menjadi pendonor adalah di atas 50 Kg. Pengecekan selanjutnya adalah pemeriksaan tekanan darah dan haemoglobin. Calon pendonor harus memiliki tekanan darah dan hemoglobin yang normal. Tekanan darah normal yang diizinkan untuk mendonor adalah 110-160 mmHg  untuk sistol dan 70-110  mmHg untuk diastol. Sedangkan hemoglobin normal adalah 12,5. Jika calon pendonor lolos pemeriksaan maka pendonor baru diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

B - Kolaborasi Nyata dalam Kegiatan Donor Darah Bersama LAKESMA FK UB

Donor Darah kali ini memiliki cara unik agar dapat menarik peserta untuk menjadi pendonor. Selain mempublikasikan poster kegiatan yang berisikan manfaat donor darah, kegiatan DORA KSR UB Bersama LAKESMA FKUB kali ini dilakukan dengan memberikan hadiah mug cantik kepada 5 orang pendonor pertama. Antusias pendonor dapat terlihat dengan banyaknya calon pendonor yang mendaftarkan diri sebanyak 188 orang. Sedangkan jumlah pendonor adalah 111 orang. Karena KSR UB berkolaborasi dengan LAKESMA FK UB maka kegiatan DORA kali ini dimeriahkan dengan Ice Cream Party yakni membagikan es krim kepada pendonor setelah mendonorkan darahnya.

C - Kolaborasi Nyata dalam Kegiatan Donor Darah Bersama LAKESMA FK UB

#DORALakesmaFKUBxKSR2018
#LetsGiveOurBlood
#ShareLifeGiveBlood
#PENGMAS2018
#KSRUBJAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *