Selamat datang, Relawan Muda!

Bangga menjadi Pahlawan Darah Bersama KSR UB

Seksi Pengabdian Kepada Masyarakat (PENGMAS) mengadakan kegiatan Donor Darah rutin yang dilaksanakan 3 bulan sekali, dan yang pertama dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Februari 2019. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 s/d 12.00 WIB di Gedung Kebudayaan Mahasiswa (GKM) Universitas Brawijaya.

Pemilihan dan penggunaan tempat yang ber-AC ini untuk menjaga kesegaran darah pendonor. Kegiatan sebagai awalnya yang dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri menjadi calon pendonor di meja registrasi. Setelah itu calon pendonor akan melakukan pemeriksaan berat badan. Berat badan yang diizinkan untuk menjadi pendonor adalah di atas 50 Kg. Pengecekan selanjutnya adalah pemeriksaan tekanan darah dan haemoglobin (Hb). Calon pendonor harus memiliki tekanan darah dan Hb yang normal. Tekanan darah normal yang diizinkan untuk mendonor adalah 110-160 mmHg (untuk sistol) dan 70-110 mmHg (untuk diastole). Sedangkan Hb yang normal adalah 12,5. Jika calon pendonor lolos pemeriksaan maka pendonor baru diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

Terdapat lebih dari 120 calon penonor yang teregistrasi, namun banyak yang tidak memenuhi syarat utuk mendonorkan darah sehingga yang lolos hanya 60 pendonor. Banyaknya calon pendonor yang gagal dikarenakan kebanyakan calon pendonor adalah mahasiswa yang kurang tidur dan tidak terbiasa sarapan sehingga tekanan darah dan Hb nya rendah. Seluruh pendonor yang lolos dan dapat mendonorkan darahnya mendapatkan snack dari UTD untuk menunjang pemulihan pasca donor dan stiker dari KSR UB. Selain itu terdapat hal menarik yaitu bagi 10 pendonor pertama mendapatkan souvenir unik.

Kedepannya kegiatan Donor Darah ini akan dilaksanakan kembali pada akhir bulan April mendatang. Harapannya akan ada lebih banyak lagi calon pendonor yang dapat mendonorkan darahnya. Khususnya bagi para calon pendonor disarankan untuk menjaga kesehatan, tidak begadang dan selalu makan tepat waktu agar lolos tes untuk donor darah.

Kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh elemen yang terlibat
selama persiapan dan pelaksanaan dari awal hingga akhir kegiatan.
Semoga bermanfaat dan memberikan berkah bagi mereka yang membutuhkan….

 16 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *