Selamat datang, Relawan Muda!

Keluarga Baru DIKLAT 38 di Awal Tahun 2019

Sudah menjadi tradisi untuk regenerasi dalam suatu organisasi perlu dilaksanakannya recruitment anggota baru. Rangkaian penerimaan anggota baru KSR UB salah satunya ialah dengan mengikuti DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) ruang dan lapang. Dan pada tahun 2019 ini telah sampai pada angkatan diklat yang ke-XXXVIII (38).

Kegiatan DIKLATSAR bertujuan untuk mewujudkan anggota baru yang tangguh dan berkompeten untuk terjun langsung ke masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengenalan dan pendekatan, karena Pendidikan dan Pelatihan Dasar atau yang disingkat DIKLATSAR ini mempunyai peran strategis terhadap keberhasilan pencapaian tujuan sebuah organisasi.

DIKLATSAR 38 diselenggarakan pada tanggal 3-14 Januari 2019. Kegiatan ini merupakan program kerja utama dari Seksi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) KSR UB ini terdapat tiga rangkaian acara, yaitu Pradiklat (02/01/19), Diklat Forum (3-8/01/19), dan Diklat Lapang (11-14/01/19). Pradiklat dan Diklat Forum dilaksanakan di Gedung Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya sedangkan untuk diklat lapang dilaksanakan di luar kampus yaitu di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang yang bertujuan untuk mempraktikan ilmu yang telah didapatkan dalam diklat forum secara langsung medan yang sebenarnya.

DIKLATSAR 38 ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya yang berasal dari berbagai fakultas dan angkatan yang berbeda. Adapun materi yang diberikan kepada peserta diantaranya yaitu :

  1. Kepalangmerahan
  2. Kepemimpinan
  3. Perawatan Keluarga
  4. Anatomi dan Fisiologi Dasar
  5. Pertolongan Pertama
  6. BHD – RJP (Bantuan Hidup Dasar – Resusitasi Jantung Paru)
  7. PSP – RFL (Physicosocial Support Programme – Restoring Family Link)
  8. Navigasi Darat dan SAR (Search And Rescue)
  9. Manajemen Bencana dan Assessment
  10. Manajemen Tanggap Darurat Bencana
  11. Shelter, Water and Santation
  12. Dapur Umum dan Logistik
  13. Survival
  14. Kesehatan Lapang
  15. Packing

Materi-materi yang diberikan, disampaikan oleh para pemateri yang ahli dibidangnya, salah sautnya dari PMI Kota Malang, PMI Kabupaten Malang, BPBD, dan instansi-instansi lain terkait serta anggota KSR UB yang telah tersertifikasi dibidangnya. Harapannya anggota-anggota baru KSR UB menjadi relawan yang tangguh dan mampu menolong sesama.

Kami ucapkan selamat datang kepada Diklat 38 (Kelapa)
di keluarga besar Korps Sukarela Universitas Brawijaya!
Salam Relawan Brawijaya!

 14 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *