Selamat datang, Relawan Muda!

[ SALAM RELAWAN MUDA BRAWIJAYA ]

Inilah dunia kita, dunia tanpa tepuk tangan, dunia tanpa penghargaan dan dunia tanpa pamrih.

Membina dan Mengabdi Desa 2018

Seksi pengabdian Masyarakat atau yang biasa disingkat seksi PENGMAS KSR UB kembali melakukan aksi pedulinya melalui kegiatan Bina Desa yang dilaksanakan di desa Sumberejo kecamatan Poncokusumo kabupaten Malang Jawa Timur . Kegiatan Bina Desa ini merupakan kelanjutan dari Bakti Sosial tahun lalu. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam dua rangkaian kegiatan. Kegiatan pertama dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2018 dan kegiatan kedua dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober dan 21 Oktober 2018.

Bina Desa KSR UB merupakan bentuk pengabdian Korps Sukarea Universitas Brawijaya kepada masyarakat khusunya warga Sumberejo. Pengabdian masyarakat seperti yang sudah kita ketahui merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga KSR UB sebagai organisasi mahasiswa memiliki kewajiban untuk melaksanakan agenda yang telah tercatat pada GBHO-nya (Garis Besar Organisasi) ini. Dan adapun output dari kegiatan ini adalah membangun desa yang mandiri, dan membentuk hubungan yang lebih jauh dengan KSR UB yaitu dapat menjadi desa rekanan.

Kegiatan pertama dari Bina Desa ini adalah pengajaran kepada adik-adik SD dan SMP didesa Sumberejo. Materi yang diberikan oleh teman-teman peserta Bina Desa ini dibedakan berdasarkan taraf pendidikannya. Untuk adik-adik di tingkat Sekolah Dasar diberikan materi mengenai PHBS (Pola hidup bersih dan sehat) dan kegiatan menanam. Kegiatan menanam yang dilakukan bersama adik-adik SD ini melibatkan 50% dari seluruh murid-murid di SD. kegiatan ini dilaksanakan dihalaman sekolah, adik-adik diajarkan bagaimana cara menanam dan menggunakan barang bekas sebagai pot untuk tanaman mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada adik-adik mengenai pertanian sejak dini. Kemudian untuk tingkat SMP diberikan mengenai pengenalan apa itu Palang Merah Remaja serta pengajaran mengenai pembalutan, Mars PMI, dan Tujuh Prinsip PMI.

Adapun kegiatan kedua dari bina desa adalah sosialisasi cara menanam menggunakan metode vertikultur. vertikultur sendiri merupakan metode menanam dengan pemanfaatan ruang ke arah vertikal. Sosialisasi metode menanam vertikultur ini diharapkan dapat mempermudah para petani didesa Sumberejo yang dominan mata penchariannya adalah bertani. Sehingga nantinya pertanian didesa dapat semakin maju dan hasil panennya dapat meningkat. Kegiatan sosialisasi vertikultur ini tidak hanya mengenai teori saja namun dibarengi prakteknya. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018 lalu kegiatan praktik menanam metode vertikultur dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *