Selamat datang, Relawan Muda!

BASARNAS Sebagai Media Peningkatan Kualitas Anggota KSR UB

barisan apel basarnasBulan mei yang identik dengan hari pendidikan, juga sangat berpengaruh pada organisasi KSR Univ Brawijaya untuk meningkatkan kualitas. Pada tanggal 28 – 31 april pihak KSR UB mendelegasikan 2 anggota johan (B.30111977-TP) Yangga Sofianto (B.32132239-PN) untuk mengikuti “Diklat SAR & Penanggulangan Bencana Sempu V Bagi Potensi SAR BASARNAS”. Acara di mulai dengan upacara pembukaan yang diadakan di Balai Desa SITIHARJO Kec. Sumber Manjing Wetan Kab.Malang, yang dihadiri 130 peserta dari berbagai lapisan masyarakat & organisasi, selain itu di hadiri pula Kepala Kantor SAR Kelas A SURABAYA sebagai inspektur upacara, serta pelatih yang terdiri dari KORPS MARINIR TNI AL, BASARNAS & Malang Selatan Rescue (MSR).

Dalam diklat kali ini saudara Johan dan Yangga mengikuti beberapa kegiatan seperti :

  • Hari kamis diberi materi medical first responder, tali – temali, pengenalan basarnas & kebencanaan
  • Hari jumat materi ilmu mengenal peta & medan, serta kompas
  • Hari sabtu para peserta mendapat materi SAR yang ter fokus pada SAR air seperti pertolongan pertama di air,  operasional perahu karet dari mendayung hingga menggunakan  perahu karet yang bermotor, memposisikan perahu karet yang terbalik. Peserta juga disediakan pelatihan renang di sekitar segar anakan pulau sempu.

Dalam mengikuti  serangkaian latihan tersebut, peserta menjalani tracking menuju 3 basecamp  dimana basecamp 1 di POS AL Pantai Sendang Biru, basecamp 2 di segara anakan, basecamp 3 pantai waru-waru. Johan sendiri  berpendapat sebagai anggota yang di delegasikan, merasa amazing dengan latihan yang dijalani. Selanjutnya johan berharap semua anggota KSR UB bisa merasakan pelatihan – pelatihan seperti ini, guna meningkatkan kualitas dan skill anggota.

 

 21 total views,  1 views today

2 Comments

  1. 2051-KD | | Reply

    Semoga kegiatan pelatihan yg di ikuti teman2 dpt di tularkan ke anggota yg lain 🙂
    salam sukses buat semua

  2. 1335- EK | | Reply

    maju terus KSR-UB… kembangkan terus kemampuan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *