Selamat datang, Relawan Muda!

BAKTI SOSIAL BERSAMA PT CARGILL DI NGANTANG

Tidak hanya sekedar mengejar materi, sebagai perusahaan yang sudah cukup lama berdiri di Indonesia, PT Cargill Indonesia Pasuruan Plant juga memiliki kepedulian sosial kemasyarakatan yang diwujudkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bahkan, program tersebut sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi keberlangsungan perusahaan. Pelaksanaan program CSR PT Cargill tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Program CSR tahun ini difokuskan kepada para korban Erupsi Gunung Kelud (13/02/2014), khususnya di Dusun Kutut, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

IMG_3362

Dalam menjalankan programnya tersebut, PT Cargill mengajak KSR Universitas Brawijaya (KSR UB) untuk bekerjasama. Tim dari KSR UB yang bergabung dengan acara tersebut ada 12 personil. Berikut daftar personilnya:

Nama Diklat
Nur Fadhilah 30
Taufik Hidayatul Aziz 31
Aminullah Affifudin 31
Desi Dwi Rahayu 32
Randi Ilhamsyah 32
Ayu Novita Dewi 32
Wahyu Setyaningsih 32
M. Ikhsan 32
Fatin Kurnia Laily 32
M. Hadi Fauzan 32
Maulina Alfiana 33
Miftakhul Karimah 33

Kegiatan yang telah berlangsung pada tanggal 13-14 Mei 2014 mempunyai tiga agenda utama, yaitu Pipanisasi, Pengobatan Gratis, dan Perbaikan Kandang. Pengobatan gratis dilakukan bekerjasama dengan pihak Klinik Kusuma Husada di rumah Ketua Perkumpulan peternak daerah setempat. Banyak warga yang berantusias untuk datang dalam acara tersebut. Tercatat 160 warga yang datang untuk melakukan pengobatan.

IMG_3281

Selain itu, ada kegiatan lain di acara tersebut  yaitu Dapur Umum (DU) dan Book for Kids serta Trauma Healing yang diberikan khusus kepada siswa-siswi SDN 03 Pandansari. Siang itu, tim DU dari KSR UB menyiapkan makanan sekitar 300 porsi yang didistribusikan  kepada siswa-siswi SD tersebut sebanyak 250 porsi, dan selebihnya untuk yang bertugas.

Book for Kids diberikan karena banyak buku-buku di SD tersebut yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan lagi. PT Cargill memberikan buku bacaan sejumlah 600 buku yang memang diperuntukkan bagi siswa-siswi SD. Akan tetapi, yang sudah didistribusikan sebanyak 368 buku, dan sisanya akan diberikan dalam waktu dekat. Buku diberikan karena merupakan salah satu jendela dunia. Adik-adik dapat menambah pengetahuan dari buku-buku. Selain itu, buku juga memiliki masa aktif cukup panjang sehingga bisa digunakan lagi untuk generasi selanjutnya. Harapannya dengan diberikannya buku-buku tersebut, mereka mau belajar dan lebih semangat dalam meraih cita-citanya.

IMG_3290

Mengingat akan kondisi psikis anak-anak pasca erupsi Gunung Kelud, maka PT Cargill juga mengadakan Trauma Healing. Trauma Healing ini bermanfaat agar mereka bisa bangkit dari kondisi akibat bencana dan mengetahui bagaimana kondisi kehidupan nyata yang seharusnya mereka jalani serta memberi semangat supaya bisa terhibur. Trauma Healing diberikan dalam bentuk Pohon Impian. Anak-anak diminta untuk menuliskan cita-citanya dan digantungkan di pohon tersebut.  Pohon Impian itu disimpan di sekolah mereka supaya mereka tetap ingat bahwa mereka pernah menuliskan cita-citanya di pohon tersebut. Hal itu mungkin sederhana, tapi mampu membangkitkan semangat dan mendorong adik-adik  untuk meraih impian mereka.

IMG_3320IMG_3375

Kegiatan ini merupakan awal kerjasama KSR UB dengan PT Cargill. Semoga kedepannya dapat bekerjasama kembali dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat banyak untuk orang lain.

Sumber: Divisi Operasional Teknis dan Penanggulangan Bencana (Operasi) KSR UB

 

 10 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *