Selamat datang, Relawan Muda!

Bahaya Rokok Untuk Kesehatan

Rokok telah menjadi benda kecil yang paling banyak digemari. Merokok telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang dewasa, bahkan termasuk anak-anak dan kaum remaja., termasuk di negri kita ini, Indonesia. Alasan-alasan penggunaan rokok pun bermunculan dari pernyataan bahwa dengan merokok dapat membuka pikiran, memberi ketenangan  ataupun sebagai ajang unjuk diri dan kesenangan belaka, apabila ada hal positif dari kegiatan merokok bagi penggunanya (perokok) hal itu cuma dirasakan penggunanya, bagi orang lain? yang mereka juga terkena imbasnya, diketahui bahwa Perokok pasif bisa mendapat dampak negatif yang lebih mengerikan jika asap rokok dihirup mereka.

Mengapa Perokok pasif juga akan mendapatkan dampak negatif? Hal ini tidak terlepas dari zat kimia yang terkandung dalam rokok asap rokok mengandung 4.000 zat kimia, termasuk arsenik, aseton, butan, karbon monoksida, dan sianida. Asap rokok yang dihirup oleh perokok maupun perokok pasif akan menganduk 43 zat yang diketahui menyebabkan kanker Apa saja akibat buruk dari gaya hidup yang merusak kesehatan ini? Apa saja penyakit yang disebabkan karena merokok? Berikut ini beberapa penyakit dan dampak negatif yang disebabkan karena merokok:

  • Penyakit Jantung
  • Kanker Paru-Paru
  • Emfisema
  • Lebih Cepat Tua
  • Kerusakan Tubuh

 

Nikotin merupakan zat utama yang terdapat pada rokok. Namun, lebih dari 700 jenis bahan kimia tambahan kemungkinan digunakan oleh perusahaan rokok untuk menambah kenikmatan merokok. Zat seperti nikotin inilah yang menjadi penyebab munculnya efek kecanduan..seperti apabila tidak merokok, perokok akan merasa ada sesuatu yang hilang dari dirinya, hal ini timbul dari adanya kebiasaan yang mungkin telah mendarah daging.

Kemunculan berbagai permasalahan akibat rokok tidak harus disikapi dengan menyalahkan perokok sebagai sumber masalah. Sebagai teman/saudara, mari kita mengingatkan saudara kita yang telah ”kecanduan merokok” sebab dampaknya akan kembali ke kita sendiri. Ada pepatah yang mengatakan tak akan ada asap apabila tak ada api, adanya perokok disebabkan adanya rokok, adanya rokok disebabkan adanya produsen rokok (perusahaan rokok) adanya perusahaan rokok di negara ini ya karena perizinan pemerintah, dengan dalih meningkatkan pendapatan tetapi malah menambah biaya kesehatan yang disebabkan rokok ini. Pemerintah harus mengutamakan kepentingan jangka panjang akan bahaya dan efek besar dari rokok, tidak hanya mengejar setoran pajak/cukai dari rokok/tembakau. Pemerintah semestinya melarang iklan rokok di TV, Radio dan Koran Nasional. Begitu juga tidak ada lagi iklan-iklan rokok dalam bentuk spanduk yang menghiasi jalan-jalan. Disamping itu, pemerintah harus menaikkan pajak rokok dan secara bersamaan merencanakan pengalihan lahan pertanian tembakau menjadi pertanian pangan/energi lainnya. Secara bertahap, dengan etikad bersama, kita mampu kurangi jumlah perokok di Indonesia

Beberapa upaya untuk mengganti tanaman tembakau yang telah dilakukan oleh beberapa daerah seperti di Sampang mengganti tanaman tembakau dengan alternatif tanaman tebu, di Jawa Tengah Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengatakan, telah menyiapkan jalan keluar untuk menyelamatkan petani tembakau, yakni dengan alih tanam menjadi tanaman kopi berjenis Arabica. Bagi perokok sayangi dirimu, sayangi orang lain.

Sumber : 

  • WHO tobacco report epidemic (antara news)
  • Surabaya post 14 Maret 2011
  • Tanaman pengganti tembakau oleh sindo FM Semarang tanggal 18 Februari 2010

 21 total views,  1 views today

1 Comment

  1. heri | | Reply

    terimakasih sudah berbagi informasi tentang bahaya merokok untuk kesehatan kita gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *