Selamat datang, Relawan Muda!

“AYO MENGAJAR” BERSAMA SDN TAJI 1 DAN SDN TAJI 2

IMG_1178

Ayo Mengajar merupakan rangkaian kegiatan dari Baksos Desa yang dilaksanakan di Desa Taji. Ayo Mengajar bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada adik-adik di SDN Taji 1 dan SDN Taji 2 mengenai beberapa info kesehatan. Ayo Mengajar bakal dilakukan setiap 4 bulan sekali yang dikoordinir oleh Sie Pengabdian Masyarakat.

Pada periode ini, kegiatan Ayo Mengajar pertama kalinya dilakukan pada tanggal 1 Maret 2014 kemarin. Banyak anggota yang berantusias dalam kegiatan ini, terutama dari Diklat 33. Sebagian besar materinya disampaikan oleh mereka, tetapi dari Diklat 31 dan Diklat 32 juga banyak yang berpartisipasi. Berikut adalah nama-nama anggota yang ikut dalam Ayo Mengajar sesi I.

Nama

Anggota Diklat

Ahmad M. Sofwan

33

Septy K.

33

Miftakhul J.

33

Fitri Sugiarti

33

Anis Verawati

33

Anik Krisna Wati

33

Cucun Herlina

33

Putri Agung L.

33

Widia Monica

33

Senja Deanantha

33

Endang Sulistyawati

33

Intan Nuraini

33

Xenia Indira

33

Miftakhul Karimah

33

Sofy Lailatul

33

Wulan Purwanty

33

Rois Syarif

32

Army Amira

32

Ayuni Dewi

32

Cahya A.

32

Lisa Fitri

32

Rulita Dwi

32

Yanik Lailinas

32

Salsabiela F.

32

Yusuf Asmurfi

32

Aris Budiman

32

Laras Putri W.

31

Wijayanti Putri

31

Aminullaoh A.

31

Febri Dwi

31

 

IMG_1162

Dalam kegiatan Ayo Mengajar, materi yang diberikan disesuaikan dengan usia mereka. Untuk kelas 1 dan kelas 2 dijadikan satu dan diberi materi mengenai cara memotong kuku dan bagaimana cuci tangan yang benar. Pada usia tersebut seharusnya mereka sudah bisa menjaga kesehatan tubuhnya, mislanya dengan membersihkan kukunya ketika sudah panjang sebelum melukai bagian tubuhnya yang lain. Mengapa diberi materi cuci tangan? Karena seringkali anak kecil malas untuk cuci tangan sebelum makan. Oleh karena itu, kami memperkenalkan bagaimana cuci tangan yang benar supaya mereka tahu betapa pentingnya cuci tangan sebelum makan dan bisa dijadikan kebiasaan positif.

Untuk kelas 3-6, diberikan materi kedaruratan medis, tetapi porsinya berbeda. Kedaruratan medis diberikan karena sakit semacam itu adalah sakit yang sering dijumpai di masyarakat, terutama anak-anak. Untuk kelas 3 dan kelas 4, materi yang diberikan seputar luka, maag, demam, diare, dan mimisan. Materi yang diberikan pada peserta kelas 5-6 lebih banyak, yaitu mengenai pingsan, luka, luka bakar, maag, demam, diare, dan mimisan. Dari pemberian materi tersebut, diharapkan para peserta mengetahui bagaimana cara mengatasi jika hal-hal seperti itu terjadi. Selain itu, semua peserta diberikan materi terkait sampah organik dan anorganik supaya mereka bisa menghargai lingkungan. Pemberian materi berlangsung selama satu setengah jam, dari pukul 08.30-11.00 WIB.

IMG_1226

Setelah diberi materi, para peserta diajak berkumpul dijadikan satu di lapangan sekolah mereka masing-masing. Setelah belajar dikelas, mereka diajak outbond bersama. selain untuk refreshing, outbond diberikan untuk mengikat tali persaudaraan, mendekatkan antar peserta dan peserta dengan anggota KSR. Rasa kekeluargaan dan kekompakan diciptakan disini.

IMG_1216

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai penutup, dilakukan prosesi pemberian bingkisan kepada sekolah. Bingkisan tersebut merupakan bantuan dari Kick Andy.

IMG_1236

 

 

 

 

 

 

Sebelum pulang, foto bersama dilakukan. Rona bahagia tampak dari wajah mereka. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat nantinya dan acara berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Sampai jumpa kembali.

IMG_1228


 8 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *