Selamat datang, Relawan Muda!

Ayo Donor Darah

poster Dondar

Donor darah merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh KSR Brawijaya, khususnya dari teman-teman Pengabdian Masyarakat (Pengmasy). Dalam kepengurusan tahun ini, Donor Darah I telah sukses dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2014 yang berlangsung dari pukul 08.00-12.00 WIB di Gazebo UB yang bekerjasama dengan PMI Kota Malang dan menghasilkan 74 kantong darah untuk disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Donor Darah kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, karena untuk tiga pendonor pertama mendapat hadiah menarik, yaitu sebuah “Mug” cantik dari KSR Universitas Brawijaya.

IMG_1495

Tidak semua orang diperbolehkan untuk melakukan Donor Darah. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pendonor adalah sebagai berikut:

  • Telah menempuh usia 17 tahun. Untuk batas usia maksimal adalah 60 tahun.
  • Berat badan minimum 50 kg.
  • Tekanan darah normal (Sistole = 110-160 mmHg dan Diastole = 70-100 mmHg).
  • Denyut nadi teratur (50-100 kali per menit).
  • Hemoglobin (Hb) antara 12.5 gr% – 17.5 gr%.
  • Tidak sedang hamil dan menstruasi (untuk wanita).

IMG_1529

Beruntunglah teman-teman yang telah lolos dan berhasil menjadi pendonor, bahkan telah rutin melakukannya. Karena sesungguhnya banyak manfaat yang dapat diambil dari Donor Darah. Misalnya untuk membantu sirkulasi darah sehingga dapat memperbarui sel darah baru dan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain manfaat kesehatan, dengan melakukan Donor Darah juga menunjukkan adanya kepedulian sosial terhadap sesama manusia. Seperti yang menjadi slogan Donor Darah kali ini “Darahmu Menyelamatkan Jiwa”.

Acara pada hari itu ditutup dengan penyerahan Vandel kepada PMI Kota Malang dan dilanjut dengan foto bersama dengan KSR Universitas Brawijaya.

IMG_1748

IMG_1750

Sampai jumpa di Donor Darah selanjutnya.

 20 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *