“Menebar Sebenih Ilmu, Menuai Sejuta Harapan untuk Desa Taji yang Mandiri”

Korps Sukarela Universitas Brawijaya merupakan organisasi kemahasiswaan di Universitas Brawijaya yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan serta mempunyai tujuan utama yakni untuk meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya tanpa melihat perbedaan golongan, bangsa, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama ataupun kepercayaan.
Korps Sukarela Universitas Brawijaya adalah suatu wadah penyalur kegiatan bagi mahasiswa yang memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama manusia. Sebagai bentuk realisasinya, maka Korps Sukarela Universitas Brawijaya banyak melakukan kegiatan yang berorientasi pada bidang sosial dan kemanusiaan dimana hal itu telah rutin dilakukan dan selalu diagendakan pada program kerja pengurus KSR UB pada setiap tahun kepengurusannya dengan tetap mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Salah satu program kerja utama KSR UB yaitu “Korps Sukarela Universitas Brawijaya Peduli Desa 2015”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari pengabdian mahasiswa Universitas Brawijaya terhadap masyarakat yang membutuhkanserta merupakan realisasi dari kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh Korps Sukarela Universitas Brawijaya. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat serta untuk membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat terutama dalam bidang sosial, pendidikan, serta kesehatan yang sangat berguna bagi perkembangan masyarakat Indonesia saat ini. Selain itu untuk membantu meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial para generasi muda sebagai Mahasiswa Universitas Brawijaya, sehingga dapat menjadi generasi muda yang tangguh, berdedikasi, berjiwa sosial tinggi, peduli dan tanggap terhadap keadaan sekitarnya.
Tema kegiatan pada KSR UB PeduliDesa 2015 iniadalah “Menebar Sebenih Ilmu, Menuai Sejuta Harapan untuk Desa Taji yang Mandiri”. Denganadanyakegiataninibertujuanuntuk:
a.Pembelajaran berorganisasi dan kepanitiaan bagi anggota;
b.Salah satu bentuk dari pengabdian anggota Korps Sukarela Universitas Brawijaya terhadap masyarakat yang membutuhkan;
c.Menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial para generasi muda khususnya anggota Korps Sukarela Universitas Brawijaya, sehingga nantinya dapat menjadi generasi muda yang tangguh, berdedikasi, berjiwa sosial tinggi dan peduli terhadap keadaan sekitarnya;
d.Berkontribusi secara langsung untuk masyarakat dengan menerapkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan teknologi yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.
e.Menambah kemandirian warga Desa Taji.
Sasaran padakegiatannya yaitu Anggota Korps Sukarela Universitas Brawijaya, Masyarakat Dusun Krajan Timur dan Dusun Umbut Legi, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang dan masyarakat umum.Denganantusiaswarga yang begitubesar, mendorong kami untukterusmengabdidandanmenyalurkankepedulian social kami kepadaseluruhmasyarakatDusun Krajan Timur dan Dusun Umbut Legi, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Dan Alhamdulillah.. Acara tersebuttelahterlaksanapada :HariSabtu-Minggu, Padatanggal16-17 Mei dan 23-24 Mei 2015, Bertempat di Dusun Krajan Timur dan Dusun Umbut Legi, Desa Taji, Kecamatan Jabung,Kabupaten Malang.
Menjelang Pelaksanaan pasti banyak hal yang harus disiapkan oleh panitia.
Nah..berikut iniulasannya :
Tahap persiapan dilakukan selama lima minggu, dimulai saat pembentukan panitia pada tanggal 1 April 2015. Persiapan sendiri merupakan hal yang penting yang harus dilakukan dalam kegiatan Korps Sukarela Universitas Brawijaya Peduli Desa 2015 atau selanjutnya akan disebut KSR UB Peduli Desa 2015.Diharapkan dengan adanya persiapan ini, kegiatan akan berjalan sesuai dengan harapan dan target yang telah ditentukan.
• MenentukanLokasi
Lokasi yang akandigunakanpadaKSR UB PeduliDesa 2015adalahlokasi yang sama yang digunakanpadaBaktiSosialDesa 2014yaituDesaTaji. Pertimbanganmemilihdesa yang samaadalah KSR UB inginmerintisdesabinaandandesa yang akandijadikandesabinaan KSR UB adalahDesaTajisehinggadiputuskanpadaKSR UB PeduliDesa 2015dilaksanakan di desaTaji.
• Menentukan acara
Panitiamenentukan acara apasaja yang akandilaksanakanpada acara KSR UB PeduliDesa 2015. Acara yang akandilaksanakanmerupakankelanjutandariserangkaian acara yang telahdilaksanakanpadaBaktiSosialDesa 2014. Panitiamelakukan survey gunamelihatapasaja yang dibutuhkanolehwargadesaTaji. Setelahmelakukansurvery4 kali, KSR UB PeduliDesa 2015diarahkanpadabidangpendidikan.
• Mencaripemateri
PanitiamembutuhkanpemateriuntukmengisikegiatanselamaKSR UB PeduliDesa 2015.Setelahmenentukanacaranya, panitiamembuat list pemateriuntukberkerjasamamenjadipemateri. Setelahmencobamenghubungidari list yang sudahdibuat yang bersediamengisi acara tersebutyaitu :
1. Polindes desa dan mbak Ayu untuk acara pemerikasaan ibu hamil dan posyandu
2. Ibu Taufik untuk penyuluhan pupuk
3. UstadNadiefdariPesantren Al-HikamuntukPengajian
• Rapat dengan perangkat Desa
Setelah persiapan untuk acara KSR UB PeduliDesa 2015 telah dilaksanakan dan rangkaian acara telah ditentukan, maka selanjutnya dilaksanakan rapat dengan perangkat Desa. Rapat dilakukan untuk menjelaskan garis besar rangkaian acara serta mendiskusikan rangkaian acara tersebut dengan perangkat Desa Taji.

Rangkaian kegiatan Korps Sukarela Universitas Brawijaya Peduli Desa 2015 ini dimulai pada hari Sabtu-Minggu, 16-17 Mei dan Sabtu-Minggu, 23-24 Mei 2015. Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Harike 1 (Sabtu, 16 Mei 2014)
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama ini adalah pembukaan kegiatan, Posyandu Balita dan Lansia, Pemeriksaan Ibu Hamil, Penyuluhan Pembuatan Pupuk, serta penyebaran undangan pengajian umum. Pembukaan kegiatan dimulai pada pukul 07.45. Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia serta Pemeriksaan Ibu Hamil ini dilakukan secara bersamaan.
a. KegiatanPosyanduini meliputi penimbangan beratbadan dan tinggi badan balita. Kegiatan ini dibantu oleh kader dari Polindes Desa Taji. SetelahmelakukanPenimbanganberatdantinggibadanbalitadiberikonsumsiberupabiskuit danpisang.
b. Pemeriksaan ibu hamil dibantu oleh mbak ayu.Setelah itu ibu hamil diberi susu untuk ibu hamil.
c. Penyuluhan pupuk dimulai pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini meliputi penyuluhan pupuk yang diisi oleh Ibu Taufik, kemudian dilanjutkan dengan praktek langung pembuatan pupuk untuk memperjelas materi yang telah dilakukan.
d. Penyebaran undangan pengajian umum dilakukan pada malam hari yakni pukul 18.30. Undangan disebar ke seluruh masyarakat desa Taji baik yang berada pada Dusun Krajan dan Umbut Legi. Di dusun Krajan terdapat 5 RT sedangkan di Umbut Legi terdapat 4 RT. Kegiatan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

2. Harike 2 (Minggu, 17 Mei 2015)
Agenda harikeduaKSR UB Peduli Desa 2015yaitu bersih-bersih Masjid dan Mushola di daerah Umbut Legi dan Krajan serta Renovasi MCK Umum yang ada di dusun Umbut Legi. Bersih-bersih Masjid dan Musholla serta Renovasi MCK Umum di dusunUmbutLegidilaksanakandalamwaktu yang bersamaan.
a. Bersih-bersih masjid dan musholla
Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB. Masjid yang dibersihkan berjumlah 2 masjid dan 2 musholla yang berada di dusun Krajan dan Umbut Legi. Kegiatan bersih-bersih Masjid dan Mushola ini selesai pada pukul 11.00 WIB.
b. Renovasi MCK umum
Acara ini dilakukan di Umbut legi. Kami memilih MCK umum di dusun Umbut Legi karena kondisi di sana lebih tidak layak pakai dibanding yang di dusun Krajan. Kegiatan renovasi tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00. Dalam pengerjaannya, panitia dibantu oleh satu tukang yang berasal dari dusun tersebut dan warga sekitar.

3. Harike 3 (Sabtu, 23 Mei 2015)
Agenda harike 3 KSR UB PeduliDesa 2015adalahLomba Cerdas Cermat dan Keagamaan untuk anak SDN Taji 1 dan 2, Lomba Rakyat, dan Pengajian Umum. Padahariketigapersiapantelahdilakukansejakpionerdatangdenganmulaimembersihkan balai desa, mendirikan terop danpublikasikewarga.
a. Lomba Cerdas Cermat dan Keagamaan
Acara Lomba Cerdas Cermat dan Keagamaan diadakan di Musholla Umbut Legi. Acara dimulai pukul 08.30 WIB. Rangkaian lomba yang diadakan antara lain: lomba mewarnai kaligrafi, lomba hafalan do’a sehari-hari, lomba hafalan surat pendek, dan lomba adzan. Lombadiikutioleh36 pesertadari SD Taji 01 dan SD Taji 02.Peserta dari SDN Taji 1 diimobilisasi dengan sepeda motor panitia. Kegiatan lomba diawali dengan lomba cerdas cermat. Materi cerdas cermat tersebut adalah matematika, IPA, dan IPS. Lomba tersebut diikuti oleh dua regu yang masing-masing terdapat 3 anak. Peserta lomba cerdas cermat berasal dari SDN Taji 2. Hal tersebut dikarenakan dari SDN Taji 1 tidak ada persiapan untuk lomba cerdas cermat. Setelah lomba cerdas cermat berakhir dilanjutkan dengan lomba hafalan surat, adzan, dan kaligrafi. Ketiga lomba tersebut berjalan bersamaan. Lomba hafalan surat dan adzan dilakukan secara berselang-seling. Lomba kaligrafi dilakukan di pelataran Musholla. Lomba ditutup dengan pembacaan pemenang. Pelaksanaan lomba berakhir pada pukul 11.30 WIB.
b. Lomba rakyat
Lomba dilaksanakan pada pukul 14.30 WIB di pelataran Balai Desa Taji. Lomba rakyat meliputi lomba pukul air, makan krupuk, dan tarik tambang. Pelaksanaan lomba dimulai dengan lomba pukul air yang diikuti oleh anak-anak dan dewasa (Bapak dan Ibu). Kemudian dilanjutkan dengan lomba makan kerupuk yang diikuti oleh anak-anak dan dewasa (Ibu). Lomba rakyat ditutup dengan perlombaan tarik tambang dengan kategori dewasa saja. Lomba rakyat berakhir pada pukul 17.00 WIB. Pembagian hadiah lomba rakyat dilaksanakan pada saat pembukaan pengajian sebelum masuk ke acara inti.
c. Pengajian
Acara pengajian dimulai pukul 19.30 WIB yang diisi oleh pemateri dari Pondok Pesantren Al Hikam Malang yaitu Ustadz Nadhif. Pengajian dilaksanakan dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Tema dari pengajian tersebut adalah Peringatan Hari Isra’ Mi’raj dan Pentingnya Ilmu bagi kehidupan manusia.

4. Harike 4 (Minggu, 24 Mei 2015)
Harikeempatadalah kegiatan pembagian sembako gratis, kemudianacara penutupan.Sembako gratis dimulai pukul 08.00 WIB. Sembako yang diberikan berupa beras 2,625 kg, minyak goreng 1 liter, garam 1 bungkus, gula 1 bungkus dan 1 pieces baju yang diperolehdari donatur. Warga yang menerima sembako gratis berjumlah 80 orang. Pemberian sembako gratis berjalan dengan lancar dan terkendali karena tidak terjadi kericuhan selama pembagian sembako serta warga mematuhi peraturan untuk penerimaan sembako yaitu membawa kupon yang telah diberikan. Alur pembagian sembako gratis yaitu warga mendaftarkan nama yang telah tertera di kupon di meja pendaftaran untuk dicocokkan dengan data penerima sembako gratis. Kupon kemudian di potong. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya warga yang mengambil dua kali. Selanjutnya panitia memberikan satu paket sembako ke warga.

Dan Tibalah pada acara terakhir yaitu Penutupan.Penutupan dilakukan sebagai tanda bahwa rangkaian acara KSR UB Peduli Desa 2015 telah selesai. Penutupan dimulai pukul 13.00 WIB yang dihadiri oleh Kepala Dusun, Ketua RT dan RW Desa Taji, perwakilan dari Kecamatan Jabung dan beberapa warga Taji. Pada acara penutupan dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis untuk SDN Taji 1 dan SDN Taji 2. Bantuan yang diberikan berupa buku pelajaran, buku tulis, penghapus, dan pensil. Ucapan banyak terimakasih kami sampaikan kepada seluruh warga Desa Taji yang telah berkontribusi dalam acara ini, dan kami berharap kedepannya Korps Suka Rela Universitas Brawijaya dapat mengadakan acara yang sama dan jauh lebih baik lagi untuk masyarakat yang lebih mandiri, khususnya untuk Desa Taji..
Sekian. Wassalamualaikum Wr.Wb.

2 thoughts on ““Menebar Sebenih Ilmu, Menuai Sejuta Harapan untuk Desa Taji yang Mandiri”

  1. Wе’re ɑ bunch оf νοⅼuntеeгѕ and oрening ɑ neա ѕсҺеmе іn οuг cⲟmmunity.
    Υoᥙг ѡeƄѕіtе ргօviⅾеԁ սѕ ᴡіth
    νаⅼսɑЬlᥱ іnfo tο աߋrκ ⲟn.
    Үоᥙ’ѵᥱ ԁߋne ɑ fߋгmiɗаƅⅼᥱ јоЬ
    and ⲟսг աҺⲟlᥱ gгοuр wilⅼ bе thаnkful
    tⲟ уοᥙ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *